Tiga Desa di Sekadau Tergenang Banjir Akibat Curah Hujan Tinggi - Berita Indokalbar.com -->

20 Maret 2023

Tiga Desa di Sekadau Tergenang Banjir Akibat Curah Hujan Tinggi

Tiga Desa di Sekadau Tergenang Banjir Akibat Curah Hujan Tinggi
Tiga Desa di Sekadau Tergenang Banjir Akibat Curah Hujan Tinggi.

Sekadau, Indokalbar.com - Banjir susulan kembali melanda Kecamatan Nanga Mahap, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat, Senin (20/3/2023).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Sekadau, Akhmad Suryadi mengatakan, banjir yang disebabkan oleh curah hujan yang tinggi ini menggenang di tiga desa.

"Ada tiga desa tergenang banjir yakni Desa Lembah Beringin akibat meluapnya Sungai Kemarau, Desa Tembesuk karena aliran Sungai Ketaman, dan Desa Nanga Mahap karena luapan Sungai Mahap," terangnya.

Sebelumnya, tutur Akhmad, pada hari Sabtu kemarin tanggal 18 Maret 2023, terjadi hujan lebat yang menyebabkan Sungai Sekadau, Sungai Ketaman, dan Sungai Kemarau meluap ke permukiman warga.

"Beberapa desa terdampak banjir di Kecamatan Nanga Mahap, di antaranya adalah Desa Nanga Mahap, Desa Teluk Kebau, Desa Batu Pahat, Desa Lembah Beringin, dan Desa Tembesuk," tuturnya.

Lebih lanjut, kata Akhmad, ketinggian air mencapai 50 cm hingga 200 cm dan telah surut hingga Minggu malam.

"Saat ini, cuaca masih terpantau mendung." ungkapnya.

Sementara, jumlah kepala keluarga yang terdampak banjir mencapai 1.631 KK, dengan rincian Desa Batu Pahat sebanyak 420 KK, Desa Nanga Mahap 203 KK, Desa Tembesuk 162 KK, Desa Lembah Beringin 640 KK, dan Teluk Kebau 206 KK. (ery)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar