Warga Antri Datangi Kantor Bulog Ketapang Dapatkan Sembako Terjangkau - Berita Indokalbar.com -->

08 Maret 2024

Warga Antri Datangi Kantor Bulog Ketapang Dapatkan Sembako Terjangkau

Warga Antri Datangi Kantor Bulog Ketapang Dapatkan Sembako Terjangkau
Warga antri di kantor Bulog Ketapang pada jumat 8 Maret 2024 membeli sembako murah.
KETAPANG -  Dalam dua jam, warga yang ngantri di kantor bulog Ketapang jalan S Parman sudah selesai. Warga yang berjejer itu datang ke bulog untuk membeli sembako murah yang dibuka bulog setiap hari. 

Kepala cabang bulog Ketapang, Azwar Fuad mengatakan, antrian warga itu untuk membeli beras medium 5 kilo, minyak goreng dan gula pasir sebagai bagian dari program nasional bulog bernama RPK (Rumah Pangan Kita).

"Setiap hari kerja, program RPK ini kami buka di kantor cabang kita ini. Ada juga beras kita di beberapa RPK mitra kita dalam kota Ketapang ini," kata Azwar di kantornya, Jumat (08/04/24).

Azwar menjelaskan, masyarakat diberi pilihan untuk mendapatkan beras mengingat harga beras saat ini dipasar relatif tinggi walaupun sekarang enderung turun

"Adanya RPK ini agar masyarakat punya pilihan mengingat harga sembako sekarang cendrung tinggi, masyatakat bisa datang ke bulog atau RPK mitra bulog. Beras SPHP lima kiloan yang dijual," kata Azwar. 

Azwar menambahkan, di Ketapang, jumlah RPK aktif mitra bulog ada dua ratus lebih. RPK bulog juga ada di kecamatan perhuluan Ketapang 

RPK Bulog ini bertujuan menjangkau kecamatan pedalaman Ketapang dengan harga beras 11.500 rupiah perkilo sesuai dengan program dari Badan Pangan Nasional (Bapanas).

Keberadaan RPK ini jelas dia guna menperluas jangkauan dan menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP) sesuai dengan program Badan Pangan Nasional (Bapanas).

Azwar melanjutkan, operasi penjualan beras berkualitas dengan harga murah sudah masif dilakukan bulog Ketapang pada beberapa pasar dalam kota Ketapang.

Masyarakat diberi pilihan mengingat harga beras saat ini cenderung tinggi.

Seperti di pasar Hajj Sani, pasar Sukabangun serta pasar sore. Beras medium bulog ini kata dia juga dijual oleh pedagang dipasar tersebut. 

"Beras kita sudah menyebar di pasar dalam kota Ketapang itu, masyarakat bisa membeli disana dengan harga sesuai ketetapan pemerintah," ujarnya. 

Untuk sementara, program RPK beras SPHP ini akan dijalankan selama bulan Januari hingga Maret. Dengan asumsi akan terjadi panen raya bulan April sehingga akan menstabilkan harga kembali

"Perintahnya untuk sementara akan jalan tiga bulan dulu," kata Azwar. 

Sesuai data Bulog Ketapang, dalam sebulan, pasokan rata-rata beras bulog yang masuk dari pulau jawa ke Ketapang sebanyak 250 ribu hingga 300 ribu ton. Jumlah tersebut belum mencukupi dibandingkan kebutuhan masyarakat. 

RPK bulog Ketapang sejalan dengan program pemda Ketapang dari tim pengendali inflasi daerah (TPID) yakni sebagai penyeimbang harga kebutuhan pokok. 

Penulis: Muzahidin

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar