Prihatin, Rumah Warga Benteng Bocor Dan Miring Nyaris Ambruk - Berita Indokalbar.com -->

26 Januari 2023

Prihatin, Rumah Warga Benteng Bocor Dan Miring Nyaris Ambruk

Camat dan Polsek Teriak beserta Kades Banteng tinjau rumah warga yang memperihatinkan.
Bengkayang, Kalbar - Salah satu rumah warga dusun Benteng Rt 001/- Desa Benteng yang diketahui atas Nama Atom dalam kondisi yang sangat tidak layak huni, bahkan terlihat sudah miring dan  sangat memprihatinkan. Terlebih pada saat musim penghujan atap mengalami kebocoran terutama di bagian dapur.

Rumah yang di bangun di atas tanah milik tetangga ini berukuran 4x5 meter di tempati oleh dua kepala kelurga, berdasarkan KK jumlah penghuni ada 13 orang. Kondisi ini terpantau saat media ini melakukan investigasi ke desa benteng pada Selasa (23/1/2023) lalu bersama Camat, Kapolsek Teriak serta di dampingi oleh Kepala Desa Benteng.

Camat Teriak Dalawi, S.Pd M.Pd Kepada media ini menerangkan bahwa kondisi rumah memang cukup memprihatinkan sekali dan akan melakukan koordinasi dengan pihak desa langkah-langkah apa yang akan dilakukan.

"Kondisi ini memang sangat memprihatikan dan bersama dengan kepala desa benteng (Ripan-red), kita akan merumuskan apa langkah yang bisa kita ambil. Namun hal ini kita tetap akan menghubungi pihak-pihak instansi terkait agar bisa membantu kita dalam menyikapi permasalahan ini selain dari desa. Kita juga berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Bengkayang melalui Dinas Permukiman Lingkungan Hidup, Dinas sosial dan bila perlu dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) mana tahu ada program penanggulangan sebelum terjadi hal yang tidak kita inginkan," Ujar Dalawi, Camat Kecamatan Teriak.

Hal senada juga di sampaikan oleh Kepala Desa Benteng, Ripan kepada media ini menyebutkan beberapa program yang di salurkan oleh desa untuk membantu keluarga tersebut seperti Program  BPNT, BLT DD serta Program Keluarga Harapan (PKH) dan pada tahun 2021 Sudah di ajukan juga Program Bantuan Rumah Tidak Layak Huni.

"Untuk keluarga ini beberapa program bantuan sudah kita berikan berupa program BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) Program Keluarga Harapan (PKH) Dan BLT. Untuk Kondisi rumah keluarga ini pada tahun 2021 sudah kita ajukan ke program Rumah Tidak Layak Huni dengan melampirkan Poto Fisik rumah serta SPT tanah juga sudah kita buat. Jadi dalam hal ini mengenai langkah yang kita ambil tetap berkoordinasi dengan dinas terkait," Pungkasnya.


Oleh : Rinto Andreas/Injil
Editor : R. Hermanto 

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar