Dukung Pelestarian Budaya Suku Dayak, Kapolres Sekadau Kunjungi Pengrajin Tameng dan Mandau di Dusun Tapang Sambas - Berita Indokalbar.com -->

05 Mei 2024

Dukung Pelestarian Budaya Suku Dayak, Kapolres Sekadau Kunjungi Pengrajin Tameng dan Mandau di Dusun Tapang Sambas

Dukung Pelestarian Budaya Suku Dayak, Kapolres Sekadau Kunjungi Pengrajin Tameng dan Mandau di Dusun Tapang Sambas
Dukung Pelestarian Budaya Suku Dayak, Kapolres Sekadau Kunjungi Pengrajin Tameng dan Mandau di Dusun Tapang Sambas.
SEKADAU – Kapolres Sekadau, AKBP Dr. I Nyoman Sudama, S.I.K., M.Si., didampingi KBO SatLantas IPDA Alexander Aldo, S.H., M.A.P., melakukan kunjungan silaturahmi ke Dusun Tapang Sambas, Desa Tapang Semadak, Kecamatan Sekadau Hilir, pada Sabtu (4/5/2024).

Kunjungan ini bertujuan untuk menemui Ringgo, seorang warga setempat yang memiliki keahlian seni dalam membuat dan mengukir Tameng serta Mandau, dua benda yang menjadi senjata tradisional, ciri khas suku Dayak di Kalimantan Barat.

Dalam pertemuannya dengan Ringgo, Kapolres Sekadau AKBP Nyoman Sudama menyampaikan rasa bangga dan apresiasi atas keahliannya dalam melestarikan budaya suku Dayak melalui seni ukiran Tameng dan Mandau.

Kapolres yang mengagumi hasil karya Ringgo pun turut membeli tameng dan mandau. Dirinya mendorong Ringgo untuk terus mengembangkan keahliannya dan membagikannya kepada generasi muda agar budaya suku Dayak dapat terus dilestarikan. 

"Saya harap Ringgo dapat terus mengembangkan keahliannya dan membagikannya kepada generasi muda. Budaya suku Dayak adalah budaya yang kaya dan harus terus dilestarikan," ujar Kapolres Sekadau yang juga membeli Tameng dan Mandau dari Ringgo.

Kapolres Sekadau juga melihat potensi ekonomi dari seni ukiran Tameng dan Mandau karya Ringgo. Menurutnya hal ini dapat membantu UMKM di Kabupaten Sekadau agar, dapat memasarkannya dan dikenal lebih luas.

Ringgo sendiri merasa senang dan terhormat atas kunjungan Kapolres Sekadau. Dirinya akan untuk terus melestarikan budaya suku Dayak melalui seni ukiran Tameng dan Mandau.

Kunjungan ini menunjukkan kepedulian Kapolres Sekadau dalam mendukung pelestarian budaya masyarakat di Kabupaten Sekadau. Diharapkan, keahlian seperti yang dimiliki Ringgo dapat terus berkembang dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar