4 Partai di Sekadau sudah dan Masih Menjaring, Menyusul Hanura, Nasdem dan PKB - Berita Indokalbar.com -->

28 April 2024

4 Partai di Sekadau sudah dan Masih Menjaring, Menyusul Hanura, Nasdem dan PKB

Bendera Parpol. (Dok.Gogle)
Bendera Parpol. (Dok.Gogle)
SEKADAU – Aroma Politik Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Sekadau semakin kuat.
Beberapa  Partai sudah dan masih menjaring bakal calon sampai saat ini.

Menyusul, beberapa partai politik baik yang memiliki kursi maupun non kursi di parlemen daerah (DPRD) juga akan membuka selebar-lebarnya peluang bagi  kandidat.

Hanura, misalnya, partai yang dikomandani Osman Sapta sebagai ketua umum, ini juga sudah mengeluarkan pamplet pembukaan pendaftaran bakal calon kepala Daerah di Sekadau.

"Ya kita mulai besok, akan membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah dan bakal calon wakil kepala daerah," jelas Abun Tono Sp di konfirmasi, Minggu (28/4/2024) siang.

Hanura akan melakukan penjaringan melalui tahapan pendaftaran dalam kurun waktu cukup lama,yakni  dimulai 29 April sampai dengan 25 Mei mendatang.

Secara umum, partai ini (Hanura);membuka peluang selebar - lebarnya, baik kader Partai Hanura maupun Kader partai lain.

"Juga bagi masarakat secara umum yang merasa mampu dan memenuhi sarat sesuai ketentuan perundang - undangan dan juklak juknis di partai kami," timpal Abun.

Jika merujuk pada hasil Pemilu 2019 lalu, Hanura berhasil memperoleh 3 kursi di DPRD Sekadau.namun, jika merujuk pada hasil pemilu 2024 belum lama ini, mereka harus merelakan kehilangan 2 kursi.menyisakan 1 kursi.

Selain Hanura, partai Besar yang dalam waktu dekat akan membuka pendaftaran bakal calon kepala dan wakil kepala daerah di Sekadau adalah Nasdem.

Partai besutan Surya Paloh ini di Sekadau terhitung mentereng.betapa tidak, Nasdem berhasil mengantarkan ketua DPD nya di Sekadau menjabat Wakil Bupati periode 2019 - 2024 berpasangan dengan Aron, pada Pemilu 2019 lalu.

Dikonfirmasi, Subandrio menyatakan Nasdem juga akan membuka penjaringan kandidat bakal calon.

"Kami buka pendaptaran mulai tanggal 1 sampai dengan 7 Mei," jawab Subandrio.

Dalam kurun waktu 1 Minggu, Nasdem akan menerima pendaftaran secara terbuka baik kader partai internal, eksternal dan masarakat umum.

Subandrio mengaku jika saat ini, pihaknya (Nasdem) di Sekadau sudah menerima petunjuk pelaksanaan penjaringan dari jenjang di tingkat atas partai itu.

Pada pemilu 2019 lalu, Nasdem mengantarkan 4 wakilnya duduk di kursi Legislatif Sekadau. demikian juga hasil Pemilu 2024 ini, Nasdem berhasil mempertahankan jumlah kursi (4) di DPRD Sekadau.

Lalu bagaimana dengan partai non kursi di Legeslatif . tak banyak informasi yang dapat digali media ini dari para pengurus partai non perwakilan di DPRD.namun demikian, yang terdengar akan segara membuka pendapataran adalah PKB.

Tambong, pengurus PKB di Sekadau dikonfirmasi media ini mengatakan bahwa besok (Senin) akan membuka pendapataran bakal calon kepala dan wakil kepala daerah.

"Nanti akan kami infokan lagi," ucapnya singkat menjawab pesan WhatsApp media ini. 

Sampai dengan hari ini, 3 Parpol (PDIP, Golkar, PAN) masih dalam proses tahapan pendaftaran baik pengambilan maupun pengembalian berkas bakal calon kepala daerah. 1 parpol lainya (Demokrat) sudah menutup proses penjaringan bakal calon beberapa waktu lalu.

(Arni Lintang)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar