4 Hari, 75 Pelajar di Sekadau Ikuti Seleksi Paskibraka - Berita Indokalbar.com -->

17 April 2024

4 Hari, 75 Pelajar di Sekadau Ikuti Seleksi Paskibraka

4 Hari, 75 Pelajar di Sekadau Ikuti Seleksi Paskibraka
4 Hari, 75 Pelajar di Sekadau Ikuti Seleksi Paskibraka.
SEKADAU – Sebanyak 75 pelajar dari sekolah menengah atas sederajat di Kabupaten Sekadau diyatakan lolos secara administrasi dan seleksi CAT, mengikuti penjaringan tahapan seleksi kesehatan, parade, samapta, pbb dan kepribadian Pasukan Pengibar Bendera Kabupaten (Paskibraka) pada 17 Agustus mendatang. hari ini, Rabu (17/4/2024) para pelajar ini mulai mengikuti seleksi.

"Hari ini kita mulai proses penjaringan, ada beberapa tahapan penjaringan sebelum mereka masuk karangtina paskibraka," terang Sapto Utomo, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

Dijelaskan Sapto, dari 28 Sekolah SMA/SMK, MA Sederajat di Kabupaten Sekadau, sebanyak 165 pelajar terkonfirmasi mengikuti pendaftaran sebagai calon Paskibraka secara online.

"Mereka mendaftar sendiri melalui proses pendaftaran di websitepaskibraka, mereka harus meng-upload sendiri berkas lamaran melalui website," tukas Sapto.

Dari jumlah diatas, sebanyak 108 pelajar dinyatakan lolos seleksi administrasi. sedangkan pada saat tes CAT pada bulan Maret lalu, 1 pelajar terkonfirmasi tidak mengikuti tes.

Hasil dari CAT yang telah dilaksanakan, 78 pelajar terdiri dari 56 putra dan 22 putri diyatakan berhak mengikuti tahapan seleksi selanjutnya.

"Hari ini sampai dengan 3 hari kedepan mereka, akan mengikuti beberapa seleksi, yakni, tes kesehatan, parade,Sampta, PBB dan kepribadian," tambah Sapto.

Untuk Kabupaten Sekadau sebanyak 32 orang pelajar yang akan menjadi Paskibraka, serta 3 orang Paskibraka cadangan. untuk kuota Paskibraka di tingkat Provinsi Kabupaten Sekadau mendapat 3 kuota untuk kembali mengikuti seleksi capaska di tingkat Provinsi terdiri dari 1 Putra 2 Putri. 

Berdasarkan surat edaran yang dikeluarkan BPIP secara fisik, tinggi badan minimal untuk calon Paskibraka Putri minimal 165 Cm dan Putra dengan tinggi 170 Cm.

Namun demikian, pemerintah Kabupaten Sekadau mengajukan Diskrisi ke BPIP pusat dan mendapatkan toleransi, untuk calon Paskibraka Putri, minimal 160 dan Paskibraka Putra dengan tinggi badan minimal 165 Cm.

"Untuk batas usia di turunkan menjadi minimal 15 sampai dengan 18 Tahun," terang Sapto. 

Penulis: Arni

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar