Bawaslu Sekadau Aktif Awasi Tahapan Pilkada di KPU - Berita Indokalbar.com -->

13 Mei 2024

Bawaslu Sekadau Aktif Awasi Tahapan Pilkada di KPU

Marikun, Ketua Bawaslu saat mengawasi jalanya tes wawancara rekrutmen PPK. (Istimewa)
Marikun, Ketua Bawaslu saat mengawasi jalanya tes wawancara rekrutmen PPK. (Istimewa)
SEKADAU – Satu persatu jadwal dan tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2024 di Kabupaten Sekadau mulai dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU).  tahapan yang berlangsun tentunya diawasi  oleh Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU).

Saat ini, KPU Sekadau masih dalam proses rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di 7 Kecamatan. penjaringan sumber daya manusia untuk penyelenggara pemilu di tingkat Kecamatan ini merupakan bagian dari penentu keberhasilan penyelengaraan Pilkada nntinya.

"Kami dari Bawaslu, mengukuti dan mengawasi jalanya rekrutmen ini, setiap proses dan tahapan dalam rekrutmen kami patau, termasuk ada tidaknya tanggapan, masukan saran dari masarakat kepada calon-calon PPK," ungkap Marikun, Ketua Bawaslu Sekadau.

Hari ini, Senin (13/5/2024), Marikun terjun langsung melihat jalanya pelaksana tes wawancara oleh komisioner KPU kepada para calon PPK untuk 3 Kecamatan (Sekadau Hulu-Nanga Taman-Nanga Mahap). pelaksana wawancara dilaksanakan KPU di GPU Nanga Taman.

Tak hanya hari ini, pada tes wawancara untuk 3 Kecamatan Belitang dan Kecamatan Sekadau Hilir yang telah dilaksanakn Bawaslu juga aktif terjun mengawasi.

"Kita patau prosesnya, nanti juga tahapan kedepanya, baik rekrutmen sumber daya manusia dan lainya,kami akan pantau," beber Marikun.

Jika dilihat dari latar belakang dalam dunia penyelengaraan pemilu, Marikun bukanlah orang baru. Ia sebelumnya juga pernah menjadi penyelengara Pemilu di KPU Sekadau beberapa waktu lalu.

Paska berakhirnya masa jabatan sebagai komisioner KPU, Marikun memutuskan mengikuti seleksi sebagai komisioner Bawaslu.bahkan, kini ia , terpilih sebagai ketua di Bawaslu sejak Pemilu serentak belum lama ini.

Tentunya, dengan bekal pengalaman yang pernah didapat saat menjadi Komisioner KPU, di prediksi  tugas - tugas pengawasan dalam setiap tahapan Pemilukada dapat dilaksanakan Bawaslu dengan baik.

"Kami juga sedang proses tahapan rekrutmen Panwascam, besok sudah mulai pelaksanaan tes kepada calon - calon Panwascam yang sudah mendaptar" tutupnya.

(Arni Lintang)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar