Raker Teknis Pengawasan dan Pemungutan Suara, Bawaslu : Bekerjalah Dengan Profesional - Berita Indokalbar.com -->

11 Februari 2024

Raker Teknis Pengawasan dan Pemungutan Suara, Bawaslu : Bekerjalah Dengan Profesional

Foto : Raker Teknis Pengawasan dan Pemungutan Suara Panwaslu Kecamatan Belitang Hulu.

SEKADAU - Anggota Bawaslu Kabupaten Sekadau meminta seluruh jajaran pengawas pemilu di Kabupaten Sekadau, dalam hal ini Panwaslu kecamatan, PKD maupun Pengawas TPS agar bekerja secara profesional dalam mengawasi tahapan pemilu yang saat ini sedang berlangsung. Segala aturan terkait pengawasan perlu dipahami agar pengawasan dapat dijalankan dengan baik.

Hal ini sebagaimana ditegaskan beliau ketika membuka secara resmi kegiatan Rapat Kerja Teknis Pengawasan Pemungutan dan Penghitungan Suara bagi Panwaslu kecamatan Belitang Hulu, Sabtu (10/2/2024) di Gedung Otonomi Desa Balai Sepuak .

Muhammad Sandi, anggota Bawaslu sekadau mengatakan sebagai pengawas pemilu mulai dari tingkat kecamatan, kelurahan/desa dan Pengawas TPS, dituntut agar senantiasa steril dan tidak terlibat dalam politik praktis, seperti mendukung atau memfasilitasi berbagai aktivitas politik peserta pemilu.

"Mereka (pengawas pemilu) adalah pengawas yang diharapkan mampu bekerja secara profesional dan berintegritas bagi memastikan penyelenggaraan pemilu agar berjalan secara demokratis," tegas sandi.

Begitu juga Ketua Panwaslu Belitang Hulu, Hardiyonoko Mijon menyampaikan sambutan, berpesan agar seluruh jajaran pengawas pemilu tetap menjaga kesehatan karena aktivitas pengawasan semakin tinggi, terlebih lagi menghadapi tahapan pemungutan dan penghitungan suara yang bakal digelar pada 14 Februari 2024.

"Lakukan koordinasi sesama pengawas pemilu jika dalam aktivitas pengawasan yang dijalankan ditemukan kendala maupun hambatan. Mohon juga agar jajaran pengawas pemilu bekerja sesuai regulasi dan aturan yang mengaturnya," pesan mijon.

Dalam kesempatan tersebut, mijon juga mengingatkan bahwa dalam melakukan pengawasan tahapan pemilu, pengawas pemilu dituntut untuk bersikap tegas, berani menegakkan aturan apabila menemukan pelanggaran yang terjadi dalam setiap tahapan pemilu, khususnya dalam proses pemungutan dan penghitungan suara yang akan digelar nantinya.

Menyangkut beberapa tahapan pemilu yang saat ini sedang berlangsung, Ia juga meminta agar Panwaslu Kecamatan, PKD dan Pengawas TPS tetap standby, terutama dalam mengawasi pendistribusian logistik pemilu di tingkat Kecamatan Belitang Hulu.

"Kita berharap agar penyelenggaraan pemilu di Kecamatan Belitang Hulu berjalan dengan tertib, aman dan lancar, serta tahapan-tahapannya dapat kita awasi secara baik," harap mijon. (Ms)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar